Matahari Department Store adalah department store ritel terbesar di Indonesia untuk produk busana fashion, produk kecantikan dan produk perlengkapan rumah tangga. Dengan jaringan lebih dari 1.200 pemasok lokal serta pemasok internasional yang telah dibangun selama 55 tahun perjalanan usahanya, Matahari senantiasa menyediakan tren fashion terkini serta gerai yang modern dan lengkap bagi kalangan menengah Indonesia yang semakin meningkat. Dengan penambahan 9 gerai pada tahun 2013, gerai kami telah hadir di lebih dari 60 kota di Indonesia.

Diawali dengan berdirinya satu gerai busana anak di Pasar Baru, Jakarta pada 24 Oktober 1958, pada tahun 1972 membuka department store modern pertama di negeri ini, sebagai titik awal pertumbuhan gerai yang pesat dalam 55 tahun terakhir. Karena berfokus pada penyediaan produk dan layanan yang dapat meningkatkan gaya hidup kalangan berpenghasilan menengah yang menjadi segmen target kami, Matahari Department Store selalu teratas dalam persepsi pelanggan yang mencari produk fashion dengan harga terjangkau. Matahari terus menempati posisi nomor satu sebagai department store di Indonesia. Dengan dukungan lebih dari 40.000 orang tenaga penjualan, basis pemasok dalam negeri yang menyediakan lebih dari 90% produk yang mengisi gerai kami, dan dengan kehadiran gerai di lebih dari 60 kota di seluruh Indonesia, Matahari benar-benar telah menjadi nama besar yang diakui sebagai department store terkemuka di Indonesia.

Pada tahun 2009, Matahari Department Store menjadi sebuah entitas yang terpisah dari PT Matahari Putra Prima Tbk (MPP), dan namanya diubah menjadi PT Matahari Department Store Tbk (Matahari).  Kepemilikan mayoritas perusahaan publik mandiri, PT Matahari Department Store Tbk, berubah ketika CVC Capital Partners, sebuah tim dengan track record yang luas dalam bisnis ritel yang bertumbuh dengan sukses, menjadi pemegang saham mayoritas tidak langsung melalui dua anak perusahaan Asia, CVC Capital Partners Asia Pasifik III LP dan CVC Capital Partners Asia Pacific III Parallel Fund - A, LP (anak perusahaan gabungan yang dikenal sebagai CVC Asia Fund III).

Setelah penawaran saham yang dilakukan oleh Asia Color Company Limited dan PT Multipolar Tbk selesai pada 28 Maret 2013, persentase kepemilikan saham publik di Matahari  meningkat dari 1,85% menjadi 47,4%. Penawaran saham yang dilakukan diterima dengan sangat baik dan menarik minat yang sangat signifikan dari para investor global terkemuka. Matahari mendapatkan manfaat dari (i) meningkatnya likuiditas yang dimiliki dalam perdagangan saham di BEI, (ii) mendapat manfaat pajak yaitu berkurangnya persentase pajak penghasilan sesuai dengan peraturan perpajakan di Indonesia berdasarkan meningkatnya jumlah pemegang saham publik setelah selesainya penawaran saham; (iii) akan lebih mudah mendapatkan dana di pasar modal domestik maupun internasional; dan (iv) manfaat dari meningkatnya nama Perseroan di Indonesia maupun luar negeri.  Setelah selesainya penawaran saham dan pelaksanaan opsi over-allotment, Asia Color Company memiliki kepemilikan saham sebesar 32,2%, PT Multipolar Tbk sebesar 20,5% dan masyarakat, termasuk pemilik saham yang baru sebesar 47,4%.